Monday, July 19, 2010

Membuat Kue Java (Object dan Class)

Di food court Puri Indah, seorang rekan saya bertanya, bagaimana bisa mengerti bahasa pemrograman Java. Saya jelaskan bahwa pemrograman di Java seperti membuat kue dengan cetakan kue. Cetakan kue dikenal sebagai Class dan kue yang dibentuk dari cetakan kue adalah Object. Untuk membangun diperlukan cetakan-cetakan kue (Class) yang digunakan untuk membangun kue-kue (Object) yang akan digunakan oleh program tersebut dalam menyelesaikan tugasnya. Dengan kata lain kita harus menentukan tipe-tipe objek dunia nyata apa saja yang akan disimulasikan oleh kode-kode program.
Sebuah Class pada prinsipnya adalah deskripsi dari bagaimana sebuah objek dibuat (dengan kata lain semacam cetakan atau pola). Untuk setiap objek, terdapat sebuah Class yang menentukan bagaimana objek tersebut dibuat, variabel apa yang akan dimuat, dan pesan apa yang yang akan ditanggapi. Sedangkan Object adalah kombinasi dari fungsi dan data (variabel) yang digabungkan dalam satu entitas. Fungsi di dalam Object dinamakan Method dan memiliki data yang dinamakan Entity. Pemanggilan terhadap suatu Method dalam Object dapat diartikan pengiriman pesan ke Object.
Sebuah Object diinstansiasi (dicetak/dioven kalau istilah kue) dari sebuah Class. Untuk membantu pemahaman mengenai Object dan Class, saya sertakan kode program yang akan menampilkan "Halo Saya Dijalankan 3 Detik Sekali".
package saytimer;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;

public class SayTimer {
private String haloMessage = "Halo Saya Dijalankan 3 Detik Sekali";
public static void main(String[] args) {
//Di sini dibuat kue Object t dari cetakan kue SayTimer Class
SayTimer t = new SayTimer();
t.go();
}
private void go()
{
Timer t = new Timer(3000, new Ticker());
System.out.println(haloMessage);
t.start();
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Click OK to exit program");
System.exit(0);
}
class Ticker implements ActionListener {
public void actionPerformed(ActionEvent event) {
System.out.println(haloMessage);
}
}
}
Sampai di sini dulu,
Ong Budi Setiawan

Thursday, July 15, 2010

Hasil Pertama Belajar Bahasa Java.... Palm Pre Plus Phone GRATIS!


WebOS App Contest Award Notification



Hello,

Congratulations! Your app was accepted into the WebOS App Contest and you will be receiving a Palm phone award!

We want to personally thank you for contributing to the Palm WebOS app community. We had nearly 600 apps submitted in just a little over two weeks. The apps ranged from simple to complex and everything in-between. Many of you collaborated and developed your apps as a team, contributed comments and votes on other apps and blogged about your issues and experiences. We loved the teamwork and “garage-like” approach to your efforts!

We hope you are excited to receive your new Palm phone and hope it inspires you to create more apps in the future!

Thanks again for your participation in this contest! We consider it a huge success. Enjoy your new Palm phone!

The WebOS App Contest Team